Sabtu, 22 Februari 2014

Liputan : Tadabur Alam ke Situs Peninggalan Majapahit



 Kegiatan Tadabur Alam (TA) tahun pelajaran 2013-2014, yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2014, dibatalkan karena ada musibah meletusnya Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur, yang berdampak pada buruknya cuaca akibat hujan debu Vulkanik.
Akhirnya kegiatan ini pun dapat dilaksanakan pada pada hari Kamis tanggal 20 Februari 2014, dengan tempat tujuan yang sama yaitu Museum Trowulan, Candi Brahu, dan Wihara Budha tidur di Trowulan, Mojokerto.
Pada destinasi pertama, siswa mengunjungi museum purbakala peninggalan kerajaan Majapahit (Museum Majapahit) yang didirikan oleh orang Jawa asli bernama R.A.A. Kromodjojo Adinegoro. Beliau adalah Bupati Mojokerto (1849-1916) yang sangat menaruh perhatian terhadap peninggalan arkeologi di Trowulan. Beliau bekerjasama dengan seorang Belanda bernama Ir. Henry Maclaine Pont. Museum ini didirikan pada tahun 1924.

Di dalam museum banyak peninggalan dari masa kerjaan Majapahit, misalnya; senjata, mata uang, peralatan makan dan minum, guci, dan lain sebagainya. Berikut hasil dokumentasi dari bapak dan ibu guru :































0 komentar:

Posting Komentar